Selasa, 25 Oktober 2016

Tugas2_Pengantar Bisnis_Waralaba



WARALABA
" GROSIR - PENGECER "





          Bisnis waralaba(franchise) saat ini sedang berkembang sangat pesat di Indonesia dan sudah menjadi sebuah trend bisnis yang banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat karena prosedur tidak ribet dan prospek cukup menjanjikan dan terbukti dapat dijalankan oleh siapa saja. Waralaba itu sendiri berasal dari bahasa Prancis “Affranchir” yang berarti “To Free” yang artinya “Membebaskan”. Dengan istilah franchise didalamnya ini terkandung makna bahwa sesorang memberikan kebebasan dari ikatan yang menghalanginya kepada orang untuk menggunakan atau membuat atau menjual sesuatu. Dalam bidang bisnis franchise berarti kebebasan yang diperoleh seorang wirausaha untuk menjalankan sendiri suatu usaha tertentu di wilayah tertentu. Franchise ini merupakan suatu metode untuk melakukan bisnis ntuk memasarkan produk atau jasa ke masyarakat

       Minuman dan makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi oleh setiap individu. Sehingga usaha yang menyangkut kebutuhan pokok ini sangat bagus untuk diperbisniskan karena tidak akan pernah kehilangan pamor sampai kapanpun, serta terus menjanjikan keuntungan bagi para pelaku usaha yang menjalankannya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5ZeyKTNwcTYyd8fHtaK0iOsckSbByVa45fVyT6Qrtniv7Ea9w_y4tI_RcfFTDvDfHPPnWMT4BzX8iITWlg8fTTQiXuVjfAlFNmAUIqnz7-XfjPZcqBsjFHGZF7Qp9uRN3O9CDqZq0hQ-A/s1600/Ice+Cream+Pot.jpg
        Kali ini saya akan membahas usaha bisnis ice cream pot. Why? What is that? Like what? Nah loh. Ice cream pot ini adalah ice cream yang bentuk dan segi kreativitasnya sangat menggoda untuk membujuk dan membuat konsumen penasaran seperti apa rasa dan kenikmatannya di ice cream ini. Kelezatan dan kesegaran ice cream pot ini memang bisa mengundang gairah dan birahi untuk menikmatinya. Rasanya yang manis, lembut dan dingin dimulut membuat es cream pot ini banyak disukai oleh semua kalangan dari anak kecil bahkan sampai orang dewasa atau orang tua.

        Target dan segmentasi pasar terbagi menjadi dua, yaitu Geografi yaitu wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah stategis yang banyak pengunjung dan target yang akan membujuk pembeli untuk datang dan membeli minuman ice cream pot ini dan berdasarkan demografi secara pasar kami bertuju pada kalangan siswa, anak kecil, remaja, mahasiswa, serta masyarakat dan lingkungan sekitar perumahan dan dipinggiran jalan dengan membuka stand ice cream pot untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.

        Strategi Pemasarannya dengan perkenalan bisnis yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harga yang terjangkau dengan bentuk dan rasa yang bermacam-macam. Produk ini bernama “Ice Cream Pot”. Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis seperti memiliki produk ice cream berbahan baku seperti pot bunga, roti, dan ice cream dengan berbagai rasa. Oleh karena itu Ice cream pot berniat bekerja sama kepada mereka yang menyediakan produk ice cream.Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan. Produk Ice cream cacing kali ini yang pertama yaitu ice cream dengan bentuk yang unik dengan perantara pot bunga yang akan menarik minat konsumen dengan  rasa yang bervariasi dan toping yang beraneka ragam serta komponen isi yang dapat disesuaikan. Meningkatkan kualitas pelayanan dengan menyediakan website atau media sosial untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh Ice cream pot. Media pemasaran disini kami akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti instagram, path, facebook dan twitter serta face to face.


http://duniakulinerbandung.com/wp-content/uploads/2015/10/Desser-unik-Bandung-13.jpg
        Ice cream pot ini biasanya di ramaikan pengunjung disaat cuaca lagi panas, ketika teriknya matahari ice cream pot ini memang menjadi pilihan yang cocok untuk dinikmati kapanpun juga. Jumlah peminat ice cream pot ini memang selalu mengalami peningkatan. Rasa ice cream yang variatif dengan berbagai rasa, bentuk yang kreatif unik ini dan beragam toping membuat nilai plus dari ice cream pot ini.  Apa sih bedanya dengan ice cream biasanya?  Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa es krim pot adalah ide usaha yang terbilang kreatif. Usaha yang sukses itu berawal dari kreativitas dan inovasi ituadalah bisnis yang berani mengeluarkan ide bisnis yang terkesan “aneh” di mata orang, biasanya akan menjadi usaha yang sukses untuk dijalankan  Umumnya, es krim dijual dengan model stick, cone, dan cup. Namun untuk es krim pot, wadah es krim adalah pot. Anda tentu tidak asing dengan pot. Pot bunga, pot yang biasa dijadikan sebagai tempat menanam tanaman, dijadikan sebagai wadah es krim pot. 



http://duniakulinerbandung.com/wp-content/uploads/2015/10/Desser-unik-Bandung-13.jpg
        Cara membuat ice cream pot ini dengan meletakkan es krim di potnya, kemudian menambahkan topping di atasnya sehingga terlihat seperti pot yang berisi tanaman bunga. Menariknya, penyajiannya memang dibuat mirip dengan pot bunga asli. Taburan biskuit berwarna hitam berada di atas es krim seperti tanah. Kemudian terdapat jeli-jeli yang dibentuk seperti rupa cacing tanah. Dan tidak ketinggalan ada setangkai bunga mainan yang ditancapkan di es krim pot. Dijamin Anda akan semakin terlatih menyajikan es krim pot kepada konsumen ketika semakin banyak yang datang untuk membelinya.

        Tidak memperlukan keahlian apapun dalam menjalankan es krim pot. Siapapun Anda, asalkan memiliki modal cukup untuk usaha, maka dapat memilih ide tersebut.


REFERENCE :
  • Yusuf, Arif. 2016. Pemahaman Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan. Jakarta. Prenadamedia Group
  • Huff, Priscilla. 1995. 101 Bisnis Perumahan Terbaik Untuk Wanita. Jakarta: Anggota Akapi
  • Roger, Robert. 2015. Pemasaran Strategis. Jakarta: Penerbit Indeks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 2 Ekonomi Koperasi

Top of Form Bottom of Form 1. Jelaskan pengertian anda tentang usaha Koperasi!           Kata koperasi, memang bukan asli dari ...